Kamis, 06 Agustus 2009

Usulan Teh Adjeng Jilid 1



ass....No,...nyambung rapat kita yg kemaren masalh 25 th PMR,....aku punya usul,....sengaja nggak masuk ke group ah...malu.takut usulku diketawain...dengerin ye.....siap nggak?...Beberapa waktu ini aku lagi sering dikunjung teman2 smp,...baik PMR maupun bukan,...tidak semua teman2 qt bisa punya nasib seberuntung kita no,..ada yg sedang susah...banyak malah yg sedang kesusahan....Jadi:....gimana klo kita jadikan mereka itu "simbiosis mutualisma"...inget pelajaran biologi tentang ketergantungan yg saling menguntungkan antar burung jalak dan kerbau kan?....Nah...PMR ini kan ada hubungannya dgn pekerjaan sosial,...jadi kita bikin aja satu wadah/ usaha/ apapun bentuknya yg bisa membuat kita tetap ada dan saling berbagi,......yg punya rejeki lebih menanamkan modalnya,....yg lagi susah yg menjadi wiraswastanya,..contohnya Koperasi,.....Aku pernah nyoba ini disuatu wilayah didaerah dago pedalaman...ternyata diantara rumah2 bertingakat ada satu daerah yg padat penduduknya,..mereka terlilit rentenir,...mereka kebanyakan janda2,...dan manula (dari mulai abang becak,tk.sampah,..dll)mereka tdk punya penghasil tetap no,....akhirnya aku kumpulkan,...aku kasih sedikit pengarahan memulai usaha kecil,..untuk para ibu aku ajarin mereka menyulam,memasak,...s.d memasarkan produk hasil mereka.misalnya seorang ibu yg berjualan nasi kuning aku ajarkan cara penyajian nasi kuning siap saji yg menarik (diberi pelatihan ilmu marketing sederhana),....kemudian aku kasih pinjaman setiap KK(kepala rumah tangga) modal usaha rata2 500rb/kk, untuk bapak2 penjual gorengan yg kakinya cacat aku buatkan roda/gerobak dimana akan memudahkan dia untuk berjualan tanpa keliling...Modal yg 500rb itu,...pengembaliannya disesuaikan dgn penghasilan mereka,...tapi perhari mereka menyicil rp 2000rb rupiah s/d lunas dan TANPA BUNGA.ringan sekali kan no?...Uang yg terkumpul akan digulirkan kepada orang lain yg memerlukan modal usaha berikutnya,....begituuuu teruuussss....Alhamdulilah satu kelurahan itu sekarang terbebas dari rentenir...(jangan salah sangka no,...aku tdk bermaksud udzub atau ria naudzubilah....hanya usul..alangkah baik kalo ini kita coba terapkan pd teman2 kita yg lagi kesusahan)tentunya teman2 kita pasti pendidikannya tidak serendah teman2ku yg didaerah tsb,jadi akan lebih mudah untuk mengkoordinirnya, dan jenis usahanya juga akan lebih sedikit maju misalanya Koperasi,Konsultan,Software House atau apapun deh...nah surono adikuuuuhhh,.....bnyk teman2 pmr kita sekarang ini yg lagi sulit,..tapi sebetulnya manusia dilahirkan bawa rejeki sendiri2,..dunia ini luas dan semuanya ladang amal dan ladang rejeki bagi mereka yg mau berusaha dan berfikir...menurutmu gmn no?...
Ini usulan dahsyat untuk Ultah PMR kita, Program Mulia untuk kehidupan (editor :surono)

1 komentar:

  1. Huaaaa....
    Boleh kenalan gak sama pengusul nu geulis eta?

    Hehehe...
    Siiip.....aku mau gabung.......
    ngikut idenya......*tapi bukan ekor yah!*

    BalasHapus